Rabu, 16 Januari 2013

Sumber Daya Alam


BAB 1
PENDAHULUAN

I.     LATAR BELAKANG
Kehidupan dan kelangsungan hidup manusia di suatu wilayah tidak akan terjamin tanpa dukungan sumber daya yang ada di wilayah yang bersangkutan atau di wilayah lain yang bertetangga dengan wilayah yang bersangkutan (Nursid Sumaatmadja.1988)
. Berdasarkan ungkapan tadi, kedudukan sumber daya bagi kehidupan sangat dominan. Sumber Daya Alam merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan ini,karena tanpa ada sumber daya alam kita mustahil untuk dapat hidup di dunia ini, misalnya air untuk memasak, mandi dan minum. Di Indonesia ini terdapat berbagai macam sumber daya alam yang melimpah seperti minyak bumi, gas alam, beberapa jenis barang tambang, mineral, hutan tropis dengan berbagai jenis kayu dan hasil hutannya, kekayaan laut, dan sebagainya, namun kita sepertinya tidak memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan baik dan juga tidak bijaksana dalam menggunakannya.Mengingat  begitu pentingnya manfaat sumber daya alam ter sebut maka kita seharusnya melakukan konser vasi atau melestarikan sumber daya alam tersebut untuk kelangsungan hidup kita.
Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisiensi. Artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalam memikirkan kelanjutan SDA. Sebagai modal dasar pembangunan, sumberdaya alam harus dimanfaatkan sepenuh-penuhnya tetapi dengan cara-cara yang tidak merusak, bahkan sebaliknya, cara-cara yang dipergunakan harus dipilih yang dapat memelihara dan mengembangkan agar modal dasar tersebut makin besar manfaatnya untuk pembangunan lebih lanjut di masa mendatang.

II.  RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah Sumber Daya Alam itu dan apa sajakah klasifikasi sumber daya alam ?
2.       Apa sajakah manfaat sumber daya alam ?
3.      Bagaimana cara yang tepat untuk mengelola sumber daya alam ?




BAB 2
PEMBAHASAN

I.     PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya tidak lain adalah segala benda dan potensi yang ada disekitar manusia yang dapat dimanfaatkan dan dapat menjamin kehidupan serta kelangsungan hidup manusia (Sumaatmadja, Nursid; 1988). Secara Garis besar, Sumber daya itu dapat diklasifikasikan menjadi dua penggolongan, yaitu sumber daya alam (natural resource) dan sumber daya manusia (human resource). Menurut Owen dalam buku Geografi Pembangunan karya Nursid Sumaatmadja mengatakan bahwa sumber daya alam tidak lain adalah segala komponen lingkungan alam seperti tanah, air, sebidang lahan, hutan, binatang liar, mineral yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam meningkatkan kesejahteraannya.  Nursid Sumaatmadja (1988, hal. 75) mendefinisikan sumber daya manusia sebagai  segala potensi dan kemampuan yang ada dalam diri manusia yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan hidup serta kelangsungan hidup manusia sendiri.
Sedangkan menurut Subartiyah (2008, hal. 4), sumber daya terbagi menjadi tiga yaitu sumber daya alam hayati ( semua organisme hidup, kecuali manusia yang ada di alam), Sumber daya alam non hayati (sumber daya yang tidak hidup yang tidak disediakan oleh alam) dan sumber daya buatan ( sumber daya yang ada karena pengaruh manusia).
Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
1.    Berdasarkan Sifat
a.    Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut terbarukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).
b.    Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), merupakan sumber daya alam yang dapat habis dalam penggunaannya atau dapat juga dibentuk lagi tetapi memerlukan waktu yang lama yaitu ribuan tahun bahkan jutaan tahun. misalnya: minyak tanah, gas bumi, batu tiara, dan bahan tambang lainnya, yang setelah dipakai tidak dapat dipulihkan kembali atau tidak ekonomis untuk dipulihkan kembali.
c.    Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.
2.    Berdasarkan Potensi
a.    Sumber daya alam materi, merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
b.    Sumber daya alam energi, merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya air dengan kekuatan yang dihasilkannya, angin dengan tenaga yang ditimbulkannya, batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut  laut, dan lain-lain.
c.    Sumber daya alam ruang, merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
3.    Berdasarkan Jenis
a.    Sumber daya alam nonhayati (abiotik) disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.
b.    Sumber daya alam hayati (biotik) merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.

II.  BAHAN TAMBANG
Berikut tabel contoh bahan tambang dan pemanfaatannya:
No
Bahan Tambang
Kegunaan
1
Minyak bumi (Avtur, bensin,
Bahan bakar berbagai alat transportasi, Pelumas mesin,
Minyak tanah, Solar, LNG, Oli
Salep untuk bahan obat, pembuatan lilin, pengaspalan
Vaselin, parafin dan aspal)
Jalan
2
Batu Bara
Bahan bakar industri
3
Biji Besi
Peralatan rumah tangga, pertanian
4
Tembaga

5
Bauksit
Dasar pembuatan alumunium
6
Emas dan Perak
 Sebagai perhiasan
7
Marmer
Bahan bangunan rumah (lantai, dinding)
8
Belerang
Obat penyakit kulit dan korek api
9
Yodium
Obat dan peramu garam beryodium
10
Nikel
Bahan pelapis besi agar tidak mudah berkarat
11
Gas Alam
bahan bakar kompor gas
12
Mangaan
pembuatan besi baja
13
Grafit
pembuatan pensil dan pembuatan baterai

III.MANFAAT SUMBER DAYA ALAM
Manfaat utama dari sumber daya alam adalah untuk memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia. Berikut  pemanfaatan SDA dibagi berdasarkan sifatnya.
1.    Sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati meliputi tumbuhan, pertanian, perkebunan, hewan, peternakan dan perikanan. Sumber daya alam hayati ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan contohnya padi, bahan bangunan contohnya kayu jati, dan juga bermanfaat secara lebih dekat dengan kehidupan manusia seperti mencari nafkah dari pertanian, perkebunan dan peternakan.
2.    Sumber daya alam nonhayati
Sumber daya alam non hayati meliputi air, angin, tanah dan hasil tambang.
Air digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti mandi, minum, mencuci dan juga sebagai sumber kehidupan. Air dan angin juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil energi, contohnya PLTA dan juga pemanfaatan kekuatan angin untuk menggerakkan kincir. Sedangkan hasil tambang seperti batu bara, minyak bumi, gas alam digunakan sebagai bahan bakar minyak untuk transportasi dan perindustrian. Bahan tambang lainnya seperti emas, perak, tembaga dan logam - logam lainnya bermanfaat untuk memajukan industri dalam negeri, sumber mata pencaharian masyarakat dan sebagai sumber devisa negara. 

IV. PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM
Dalam pemanfaatan sumber daya alam perlu dikelola dengan tepat agar sumber daya alam yang ada dapat optimum dimanfaatkan dan berguna bagi kehidupan manusia. Bila sumber daya alam rusak atau musnah kehidupan bisa terganggu. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diusahakan dalam pengelolaan sumber daya alam    :
1.    Prinsip berwawasan lingkungan dan berkesinambungan
a)    Penghijauan. Menurut Sabartiyah (2008, hal.25) penghijauan adalah usaha yang meliputi kegiatan penanaman tanamn keras, rerumputan serta pembuatan teras dan bangunan pencegah erosi di areal yang tidak termasuk areal hutan negara atau di arel lain yang berdasarkan rencana tata guna tanh tidak diperuntukkan sebagai hutan
b)   Reboisasi, merupakan usaha yang meliputi penanaman atau permudaan poho-pohon serta jenis tanaman lain di arel hutan negara dan di areal lain yang berdasarkan rencana tata guna tanh diperuntukkan untuk hutan (Sabartiyah, 2008)
c)    Sengkedan atau terasering
d)    pengembangan daerah aliran sungai
e)    pengelolaan air limbah
f)    penertiban pembuangan sampah
2.    Prinsip Mengurangi, dalam mengambil sumber daya alam sebaiknya jangan diambil semuanya, tetapi berprinsip mengurangi saja. Pengambilan yang dihabiskan akan merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem lingkungan.
3.    Prinsip Daur Ulang.     


BAB 3
PENUTUP

I.    KESIMPULAN
Sumber daya adalah segala benda dan potensi yang ada disekitar manusia yang dapat dimanfaatkan dan dapat menjamin kehidupan serta kelangsungan hidup manusia. Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
1.    Berdasarkan sifatnya
a.    Sumber daya alam yang terbarukan (renewable)
b.    Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable)
c.    Sumber daya alam yang tidak habis
2.    Berdasarkan potensinya
a.    Sumber daya alam materi
b.    Sumber daya alam energi
c.    Sumber daya alam ruang
3.    Berdasarkan jenisnya
a.    Sumber daya alam nonhayati (abiotik)
b.    Sumber daya alam hayati (biotik)

DAFTAR PUSTAKA
Sumaatmadja, Nursid. 1988. Geografi pembangunan. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Sabartiyah. 2008. Pelestarian Lingkungan Hidup. Jakarta: Pamularsih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan baik dan bijak